Saturday 25 April 2015

Pengertian dan Sejarah Pemrograman ASP


Pengertian ASP

Active Server Pages atau ASP merupakan suatu script yang bersifat server-side yang ditambahkan pada HTML untuk membuat sebuah web menjadi lebih menarik, dinamis dan efektif. Dengan ASP kita dapat mengolah data konsumen yang diambil dengan sebuah form, membuat aplikasi-aplikasi tertentu dalam sebuah web, dan database dalam sebuah web.

ASP bukanlah sebuah bahasa pemrograman karena ia masih menggunakan instruksi-instruksi yang ada pada script lain yaitu VBScript dan Jscript. Karena bersifat server-side untuk memberikan kemudahan plus bagi para pemrograman web agar dapat dijalankan pada sebuah PC biasa berbasis windows, maka PC tersebut harus disimulasikan menjadi web server dengan menambahkan fasilitas Personal Web Server (PWS), yaitu sebuah server mini yang dapat menguji script ASP pada komputer pribadi tanpa memerlukan koneksi ke internet.

ASP berjalan didalam lingkungan IIS atau Internet Information Server . keatas yang dijalankan dengan OS Windows NT dan PWS atau Personal Web Server, yang dijalankan dengan OS Windows NT Workstation dan Windows 9x. untuk Windows Professional, Server, Advanced Server dan Data Center, semuanya menggunakan IIS 5.O. akses ke database merupakan fasilitas ASP yang paling sering digunakan. ASP mendukung akses ke database manapun selama database tersebut mendukung OLEDB atau ODBC.

Sejarah ASP

Meskipun sudah mulai terasa bahwa teknologi Microsoft Active Server Pages telah berjalan lama, teknologi ini secara nyata merupakan sebuah teknologi baru, yang diperkenalkan pada tahun 1996. Sebelum ASP, para pengembang software telah membuat website aktif dalam sebuah platform Microsoft menggunakan CGI dan ISAPI, dimana keduanya mengambil bagian dalam perkembangan ASP. Pada tahun 1996, Microsoft memperkenalkan Active Server Pages. ASP memudahkan pengembang software untuk mengeksekusi baris kode ke dalam halaman web. Meskipun teknologi ASP realtif baru dalam pembuatan web dinamis, dalam jangka waktu yang pendek ASP berkembang menjadi satu dari produk pembuatan website dinamis terpenting.

Sejak 1996,n ada beberapa versi daru ASP. Pada tahun 1998, Microsoft memperkenalkan ASP 2.0 sebagai bagina dari Windows NT 4.0. Dengan ASP 2.0 dan IIS 4.0, aplikasi ASP dan beberapa komponen bagian-bagiannya dapat dibuat dalam suatu tempat memori dari tempat web server dengan adanya perbaikan kesalahan. Pada tahun 2000, dengan lebih mengantisipasi dikeluarkannya Windows 2000 dan IIS 5.0, Microsoft meluncurkan ASP 3.0. Perbedaan antara kemampuan ASP 2.0 dan ASP 3.0 tidak begitu terlihat. Bagaimanapun juga, pada saat berjlana di Windows 200 .NET untuk pertama kalinya diperkenalkan di muka umum, berikut bahasa pemrograman baru C# (C-sharp) dan berharap dapat memberikan kontribusi yang baik dan lebih fleksibel dari sebelumnya. Teknologi ini diharapkan memberikan dukungan yang luas terhadap berbagai macam standar internet.

Sumber: http://iproduction.co.id/pengertian-dan-sejarah-pemrograman-asp/

1 comment: