Wednesday 6 May 2015

Sejarah Berdirinya Acer Inc. (Multitech 1976)


SEJARAH BERDIRINYA ACER INC. DIMULAI DENGAN SEBELAS KARYAWAN DAN MODAL US $ 25.000 DENGAN BISNIS AWAL SEBAGAI DISTRIBUTOR KOMPONEN ELEKTRONIK DAN KONSULTAN DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI MIKROPROSESOR DENGAN NAMA MULTITECH PADA TAHUN 1976, BERKANTOR PUSAT DI KOTA HSINCHU, TAIWAN. KEMUDIAN PERUSAHAAN INI BERKEMBANG PESAT LALU BERGANTI NAMA MENJADI ACER PADA TAHUN 1987, BERKANTOR PUSAT DI XIZHI, TAIPEI, TAIWAN.
Acer termasuk merek notebook, yang masuk lima besar dunia di tahun 2013 (Lenovo, HP, Dell, ASUS dan Acer). Produk Acer tidak hanya notebook, termasuk juga; desktop, server, data storage (penyimpanan data), monitor komputer, peripheral, dan solusi e-bisnis (untuk bisnis, pemerintah, pendidikan dan pengguna pribadi).
Sejarah Berdirinya Acer
Kantor Pusat Acer di Taipei | image by Wikimedia

Sejarah Berdirinya Acer dan Perkembangan Perusahaan

Acer didirikan oleh tokoh utama Stan Shih dan istrinya Carolyn Yeh, serta sekelompok lima orang lain dengan perusahaan bernama Multitech pada tahun 1976, berkantor pusat di Kota Hsinchu, Taiwan. Perusahaan tersebut dimulai dengan sebelas karyawan dan modal US $ 25.000. Awalnya, perusahaan itu bergerak di bidang distributor komponen elektronik dan sebagai konsultan untuk penggunaan teknologi mikroprosesor.
Perusahaan Multitech menghasilkan produk Micro-Profesor MPF-I, kemudian dua klon Apple II. Terakhir adalah produk Microprofessor II dan III dan kemudian Acer bergabung dengan IBM PC, dan pada tahun 1987 menjadi produsen PC yang signifikan dan perusahaan Multitech berganti nama menjadi Acer.
Perkembangan perusahaan Acer Inc. tidak hanya di Taiwan, sejumlah akuisi perusahaan merupakan langkah yang berpengaruh signifikan bagi Acer. Sejak 1985, Acer sudah mulai membuka cabang di berbagai negara, yang kemudian disebut Acer Group.
Pada tahun 2005, Acer mempekerjakan sekitar 7.800 orang di seluruh dunia. Pendapatan naik dari US $ 4,9 miliar di tahun 2003, menjadi US $ 11310000000 pada tahun 2006.
Acer sempat rugi di kuartal 2 dan 3 pada tahun 2011 dikarenakan mereka menjual terlalu banyak produk notebook, netbook dan Chromebook. Di Amerika Serikat saja, Acer telah memotong lini produk dua pertiga dimulai pada tahun 2012.
Meski sudah masuk menjadi 5 top merk laptop di dunia, pada November 2013 Chairman dan CEO J.T. Wang, dan Presiden Jim Wong, keduanya mengundurkan diri karena kinerja keuangan perusahaan yang buruk. Pendiri Acer Stan Shih telah mengambil alih sebagai ketua dewan dan presiden interim, mencari kandidat baru untuk berperan sebagai presiden. Menurutnya posisi CEO akan dihilangkan dan tanggung jawabnya ditransfer ke ketua atau presiden, dalam rangka meningkatkan efisiensi pengambilan keputusan. Yang akhirnya pada tanggal 23 Desember 2013, Jason Chen, wakil presiden Acer di seluruh dunia untuk penjualan dan pemasaran di Taiwan Semiconductor Manufacturing, diangkat sebagai presiden baru dan CEO.
Pada 1 Mei 2014, Acer mengumumkan pendapatan Q1 naik 36 persen dari tahun-ke-tahun menjadi NT $ 162.100.000.000 (US $ 5,2 miliar) dan laba bersih meningkat 63 persen menjadi 3,29 miliar dolar.
Menurut Gartner dan IDC, Acer menjadi peringkat No 1 di seluruh dunia dalam pengiriman notebook.

Akuisi Acer

Pada tahun 1988, Acer mengakuisisi Counterpoint Komputer
Pada tahun 1990, Acer mengakuisisi Altos Computer Corporation
Pada tahun 2007 Acer membeli Gateway di Amerika Serikat dan Packard Bell di Eropa. Termasuk dalam akuisisi ini merek eMachines.
Pada bulan Januari 2008, Acer mengumumkan bahwa pihaknya telah mengakuisisi saham mayoritas dari 75% dari Packard Bell.
Pada bulan Maret 2008, Acer diperoleh: E-TEN. Pada tahun 2009, Acer mengakuisisi 29,9% dari OLIDATA.
Pada bulan Agustus 2010, Acer dan Pendiri Teknologi menandatangani nota kesepahaman untuk memperkuat kerjasama bisnis PC jangka panjang mereka.
Pada Juli 2011, Acer Inc membeli iGware Inc untuk $ 320.000.000 untuk mencoba kemungkinan pasar cloud berpotensi menguntungkan. iGware menciptakan perangkat lunak awan dan alat infrastruktur untuk perangkat.

Acer di Amerika Utara

Acer America Corporation, yang berkantor pusat di San Jose, California, adalah anggota dari Acer Group. Acer R & D, rekayasa, manufaktur dan pemasaran operasi di Amerika Serikat dan Kanada ditangani oleh Acer Amerika.
Saat masih menggunakan nama Multitech, markas AS dibuka pada tahun 1985, sebagai Multitech Electronics USA, di Mountain View, California. Pada tahun 1986, markas AS dipindahkan ke San Jose, California.
Pada bulan September 1990, Acer mengakuisisi Altos Computer System, salah satu produsen atas multi-user dan jaringan sistem komputer Unix untuk pasar komersial.
Pada bulan Februari 1997, Acer mengakuisisi bisnis Texas Instruments Mobile Computing, termasuk TravelMate dan Extenza Notebook. Acer menjadi produsen notebook keempat terkemuka di Amerika Serikat.
Namun sejak 2012, pasaran Acer di Amerika Utara telah merosot, sementara pasar Eropanya terus meningkat. Meningkatnya peminat produk notebook Dell dan Apple dengan MacBook-nya, merupakan salah satu penyebab berkurangnya konsumen notebook Acer.

Acer di Australia

Anak perusahaan Australia, Acer Computer Australia (ACA), didirikan pada tahun 1990, dan saat ini menjadi vendor komputer pribadi terbesar ketiga di Australia dan Selandia Baru, di belakang nama Hewlett-Packard dan Dell.
Acer Computer Australia memiliki pangsa pasar tertinggi secara keseluruhan di penjualan notebook PC dan tablet PC. Perusahaan ini juga memimpin vendor PC Australia untuk pasar pemerintah dan pendidikan.
Acer Computer Australia terus meningkat dan pada tahun 2006 telah memiliki 480 karyawan.

Acer di Eropa

Dari 90-an sampai pertengahan 2000 Acer memiliki pabrik-pabrik komputer di Eropa. Wilayah bisnis adalah seluruh EMEA= Europe, the Middle East and Africa(Eropa, Timur Tengah dan Afrika, biasanya disingkat EMEA).
Di Belanda dengan nama Acer IMS bv ada dua pabrik:. Pabrik laptop Acer di Den Bosch dan Acer dan IBM pabrik desktop Tilburg. Acer memiliki juga fasilitas di Jerman dengan nama IMS di Ahrensburg dan Hamburg.
Meskipun model produksi berhasil dikembangkan di pabrik-pabrik Belanda, kedua pabrik telah direlokasi pada tahun 2002, pabrik laptop dipindahkan ke China daratan dan pabrik Desktop (setelah mengakhiri IBM produksi desktop) dipindahkan Hongaria. Dan rumor menyebutkan, segera pabrik Hungaria juga akan pindah ke daratan China.
Kesuksesan Acer di Eropa, sebagian karena pensponsoran dari Tim Formula 1Ferrari dan bekas tim F1, Prost Grand Prix.

Acer di India

Anak perusahaan Acer di India adalah Acer India (Pvt) Limited, dan didirikan sebagai anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Acer Computer International, Ltd. pada tahun 1999 ini adalah vendor terkemuka di segmen utama seperti pendidikan, komputer desktop dan notebook low profile untuk pendidikan . Pusatnya di Bangalore, India.
Sejarah Berdirinya Acer, dikutip dari Wikipedia & Acer Group ]
Sumber: http://ashimima.com/sejarah-berdirinya-acer-inc-multitech-1976/

0 comments:

Post a Comment